Kebiasan – Kebiasaan Yang Dapat Merusak Smartphone

Kebiasaan Dapat Merusak Smartphone – Saat ini siapa yang tidak punya smartphone? Bisa dibilang saat ini adalah jaman dimana kita tidak bisa hidup tanpa smartphone. Pasalnya dengan smartphone kita bisa melakukan segalanya. Dan bukan tidak mungkin smartphone ini adalah andalan kamu dalam melakukan berbagai aktifitas.

Saking banyaknya keperluan yang mengharuskan kamu untuk selalu menggunakan smartphone, kamu mungkin tidak sadar kalau terdapat kegiatan kamu yang dapat membuat usia smartphone kamu lebih pendek dibanding dengan usia smartphone pada umumnya. Nah supaya smartphone kesayangan kamu memiliki umur yang lebih awet, membutuhkan perlakuan khusus layaknya diri kamu sendiri.

Kebiasaan yang bisa merusak smartphone

Cara kamu dalam biasa menggunakan gadget memang terlihat seperti biasanya, namun tak jarang kamu menggunakan smartphone tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Nah kamu perlu mengetahui kebiasaan apakah yang dapat mempercepat usia pakai dari smartphone kamu.

Kebiasaan yang bisa merusak smartphone

Mengecharge baterai setelah habis tak bersisa : kebiasaan ini memang sering terjadi dan terkadang kamu melakukan kebiasaan ini sampai berulang – ulang. Kebiasaan seperti ini yang dapat membuat baterai kamu cepat rusak. Sebaiknya jangan biarkan smartphone kehabisan baterai hingga total, tetapi charge lah ketika indicator baterai sudah menunjukkan angka 10% hingga 20%. Proses pengisian baterai yang dimulai dari 0% akan membuat pengisian menjadi lebih lama. Selain itu dapat merusak sel – sel didalam baterai yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik.

Sering nge-charge semalaman : ini juga kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak muda sekarang ini. bermain smartphone hingga larut malam kemudian dicharge dan ditinggal tidur. Memang saat ini sudah banyak charger yang apabila baterai sudah penuh akan berhenti mengalirkan arus listrik. Tapi teknologi ini juga tidak bisa dibilang aman 100%. Jadi lebih baik kalau sebelum tidur kamu mencabutnya dahulu dan meneruskannya kembali saat paginya.

Sering menggunakan charger bukan ORI : saat ini sudah banyak charger yang menggunakan fitur fast-charging. Tapi untuk apa kalau itu bukan ori dari pabrikan smartphone kita. Megecharge smartphone dengan charger yang bukan bawaan dari smartphone nya, dapat membahayakan smartphone kamu.

Mencharge sambil tetap memasang case tambahan : case tambahan memang dapat menambah tampilan smartphone kamu jadi lebih bergaya, tapi tahukah kamu, kalau menggunakan case tambahan ketika mencharge smartphone dapat membahayakan smartphone kamu?. Alasannya ketika baterai smartphone dicharge, akan mengeluarkan hawa panas. Nah jika kamu memasang case tambahan yang utamanya terbuat dari plastic. Akan membuat panas dari smartphone yang diakibatkan dari proses charging tadi tidak bisa keluar dengan sempurna dan akan menambah panas smartphone kamu. Sebaiknya lepas semua case tambahan ketika kamu mencharge smartphone kamu.

Dari kebiasaan di atas, apa kamu pernah melakukannya? Jika kamu sampai saat ini tetap melakukan kebiasaan di atas, kamu harus segera menabung untuk membeli smartphone baru atau untuk membayar jasa service nantinya. Dan segera hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga, untuk menjaga keawetan smartphone anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *